Kelebihan Framework Laravel


Sebelum kita membahas lebih dalam tentang kelebihan Framework Laravel anda harus tau dulu “Apa itu Framework ?” dan “Apa itu Laravel ?”.

Framework atau dalam bahasa indonesia dikelan dengan kerangka kerja adalah sebuah software untuk memudahkan para programmer membuat aplikasi atau web yang isinya adalah berbagai fungsi, plugin, dan konsep sehingga membentuk suatu sistem tertentu. Dengan menggunakan framework, sebuah aplikasi akan tersusun dan terstruktur dengan rapi.

Laravel adalah framework PHP MVC yang dikembangkan oleh Taylor Otwell  pada tahun 2011 dan sekarang telah mencapai versi 5.4. Banyak sekali fitur-fitur yang sangat membantu kita dalam framework laravel ini. Dan yang menarik adalah slogan dari Laravel “PHP THAT DOESN'T HURT. CODE HAPPY & ENJOY THE FRESH AIR.” para pembuat Laravel percaya bahwa proses pengembangan program harus menjadi hal yang menyenangkan, jadi bisa kita bayangkan seperti apa rasanya membuat program dengan Laravel ini.

Berikut adalah beberapa kelibihan Framework Laravel :
1.   Expressif Laravel adalah sebuah Framework PHP yang expressif artinya ketika melihat suatu syntax Laravel, seseorang programmer “diharapkan” akan langsung tahu keguanaan dari syntax tersebut meskipun belum pernah mempelajarinya apalagi menggunakannya.

  1. Salah satu yang membuat Laravel begitu simple adalah adanya Eloquent ORM. Misalkan, kita ingin mengambil semua data yang ada pada table users. Maka yang kita perlukan, hanya membuat sebuah class model bernama User: Kemudian kita tinggal mesukkan semua data dari table users tersebut dengan cara sebagai berikut :$all_user = User::all();dengan begitu, semua data dari table users, akan dengan mudah diakses dengan melakukan looping terhadap variabel $all_user.
  2. Dikembangkan secara khusus untuk PHP 5.4 Mungkin banyak yang sudah tahu bahwa php 5.4 miliki cukup banyak fitur baru dalam segi bahasa, yang membuat php terasa lebih modern dan powerfull. Laravel dikembangkan secara khusus untuk php 5.4, jadi Framework ini bisa memanfaatkan berbagai macam kelebihan yang dimiliki php versi terbaru tersebut. Tidak ada backward compatibility dengan php versi sebelumnya.
  3. Laravel dibuat dengan dokumentasi yang sangat lengkap. Core Developer dari Laravel sendiri ber-komitmen, untuk selalu menyertakan dokumentasi yang lengkap setiap kali melakukan update versi terbarunya.
  4. Security yang aman, Laravel dengan komunitasnya, hadir memastikan aplikasi yang kita bangun benar-benar aman dari masalah security dasar. Dari mulai pengamanan csrf, autentikasi, sanitasi data, validasi data dsb telah dilakukan oleh framework Laravel.

Post a Comment

© ArchivePedia. All rights reserved. Premium By Raushan Design